Pengaruh Agresivitas Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Kebakkramat

WIJAYANTI , ARINI WAHYU (2012) Pengaruh Agresivitas Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Kebakkramat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh efek agresivitas siswa (rendah, sedang, tinggi) terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh efek aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika dan (3) interaksi antara agresivitas (rendah, sedang, tinggi) dan aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada , diperoleh: (1) terdapat pengaruh efek agresivitas siswa (rendah, sedang, tinggi) terhadap hasil belajar matematika dengan FA=6,595 dan probabilitas < 0,05, lebih jauh siswa dengan agresivitas tinggi mempunyai efek yang lebih baik di banding yang lain, (2) terdapat pengaruh efek aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika dengan FB =8,661 dan probabilitas < 0,05, lebih jauh siswa dengan aktivitas tinggi lebih baik dibanding dengan aktivitas sedang atau rendah, dan (3) terdapat interaksi antara agresivitas (rendah, sedang, tinggi) dan aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa dengan F AB =3,089 dan probabilitas < 0,05, lebih jauh siswa dengan agresivitas dan aktivitas belajar tinggi mempunyai efek yang paling baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas, Aktivitas dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 10 Aug 2012 11:17
Last Modified: 10 Aug 2012 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item View Item