Penerapan Strategi Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Vii A Semester Genap Smp Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012)

KRISNAWATI , FEBRI (2012) Penerapan Strategi Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Vii A Semester Genap Smp Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
0._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
4._BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
7._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._Naskah_publikasi.pdf

Download (607kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan penerapan strategi Group to Group Exchangeuntuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Teras. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Teras yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali putaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Group to Group Exchange. Hal ini dapat dilihat dari indikator: 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelumdilakukan tindakan sebesar 8,82% dan menjadi 24,99% pada akhir tindakan, 2) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan atau mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan sebesar 14,7% menjadi 27,94% pada akhir tindakan, 3) keaktifan siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% menjadi 30,88% pada akhir tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Group to Group Exchange dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 1 Teras Boyolali pada pokok bahasan segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Group to Group Exchange, keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 10 Aug 2012 10:58
Last Modified: 10 Aug 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item View Item