Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

PUSPITASARI, ITTA DENNY (2012) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
publikasi_itta.pdf

Download (733kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1) keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Means, Analysis, keterampilan, masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 10 Aug 2012 10:47
Last Modified: 10 Aug 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19570

Actions (login required)

View Item View Item