Pengaruh Kejujuran Dalam Mengerjakan Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 1 Jaten Karanganyar Ditinjau Dari Jenis Kelamin

SYAMSUDIN , SYAMSUDIN (2012) Pengaruh Kejujuran Dalam Mengerjakan Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 1 Jaten Karanganyar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh kejujuran dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh jenis kelamin (gender) terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interakasi antara kejujuran dalam mengerjakan tugas dan jenis kelamin siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genab SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu siswa kelas VIII E yang berjumlah 33 siswa dan kelas VIII G yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh: (1) Fa = 17,634 > Ftabel = 4,00 sehingga terdapat pengaruh jenis kelamin (gender) terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Fb = 5,62 > Ftabel = 3,15 sehingga terdapat pengaruh tingkat kejujuran dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) Fab = 0,35 < Ftabel = 3,15 sehingga tidak ada efek interaksi antara jenis kelamin dengan kejujuran dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kejujuran, jenis kelamin, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 11:14
Last Modified: 08 Aug 2012 11:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item