Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012)

KUSUMAWATI , NURLINA WIJAYA (2012) Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan matematika siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecakapan matematika siswa melalui pendekatan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) kecakapan menyajikan konsep matematika dalam berbagai representasi matematis sebelum dilakukan tindakan sebesar 28,20% dan di akhir tindakan mencapai 87,17%, 2) kecakapan meggunakan prosedur dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 38,46% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%, 3) kecakapan memilih rumus yang tepat dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,76% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pemecahan masalah, kecakapan matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 11:05
Last Modified: 08 Aug 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19545

Actions (login required)

View Item View Item