Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Question Student Have Untuk Meningkatan Keaktifan Belajar Siswa (Ptk Smp N 2 Simo Kelas Vii)

YUWANITA , YULI (2012) Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Question Student Have Untuk Meningkatan Keaktifan Belajar Siswa (Ptk Smp N 2 Simo Kelas Vii). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
0._COVER_-_ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
4._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
7._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._PUBLIKASI.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran question student have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Simo yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Siswa yang bertanya sebelum tindakan 13,89% dan setelah tindakan 41,67%; 2) Mengajukan pendapat sebelum tindakan 19,44% dan setelah tindakan 55,55%; 3) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 50%; 4) Mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 55,55% dan setelah tindakan 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran question student have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, question student have
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 10:56
Last Modified: 08 Aug 2012 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item