Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal)

Utami, Rhisty Frida (2012) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_+_kt_pngntar.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui problem based instruction (PBI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 3 Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari (1) Sikap siswa yang mampu menyampaikan pendapat atas pertanyaan yang diajukan meningkat dari 27,78% menjadi 72,22%, (2) Sikap siswa yang mampu menjawab pertanyaan mengapa keputusan itu diambil meningkat dari 19,44% menjadi 75%, (3) Sikap siswa yang terbuka terhadap keputusan dan pendapat orang lain meningkat dari 33,33% menjadi 72,22%, (4) Sikap siswa yang sanggup menyimak alasan-alasan mengapa orang lain mendapat keputusan yang berbeda meningkat dari 30,55% menjadi 75%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat dari 27,78% menjadi 77,78%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, metode pembelajaran,PBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:40
Last Modified: 08 Aug 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item