Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

Prasetyowati,, Lisa (2012) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Two Stay Two Stray, Student Facilitator And Explaining, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:00
Last Modified: 08 Aug 2012 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19535

Actions (login required)

View Item View Item