Optimalisasi Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Segi Empat Tahun Ajaran 2011/2012

Saroh, Maya (2012) Optimalisasi Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Segi Empat Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (992kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika setelah penerapan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing di kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu. Penelitian ini termasuk pada jenis PTK(penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat terlihat dari 1) kemampuan siswa dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa simbol matematika sebelum tindakan 18,75% dan di akhir tindakan mencapai 50%, 2) kemampuan siswa dalam mengajukan ertanyaan sebelum tindakan 28,12% dan di akhir tindakan mencapai 56,25%, 3) keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pendapat sebelum tindakan 18,75% dan di akhir tindakan mencapai 50%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan mencapai 59,37%, 5) kemampuan siswa dalam mendengarkan, berdiskusi, menulis dalam matematika sebelum tindakan 28,12% dan di akhir tindakan mencapai 53,12%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan optimalisasi model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing tipe Pre Solution Posing, kemampuan komunikasi matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2012 08:03
Last Modified: 08 Aug 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19532

Actions (login required)

View Item View Item