Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Premana, Analya (2012) Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 2) Untuk mengetahui hubungan antara minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 3) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP UMS yang berjumlah 150 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 105 mahasiswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Peran guru pamong berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,320 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Minat mahasiswa menjadi guru berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,693>2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara bersama-sama ber berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 13,170 > 3, 15 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Berarti Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru saling mendukung dalam menentukan prestasi program pengalaman lapangan. 4) Variabel peran guru pamong memberikan sumbangan efektif sebesar 23,60%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 32,30%. Jadi jumlah sumbangan efektif sebesar 55,90% sedangkan sedangkan sisanya 44,10% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pamong, Minat Mahasiswa menjadi Guru dan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2012 07:32
Last Modified: 08 Aug 2012 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item View Item