Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) (PTK pada siswa kelas VIII Semester genap MTs YPI Klambu tahun ajaran 2011/2012)

Pasrianto, Ondhi (2012) Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) (PTK pada siswa kelas VIII Semester genap MTs YPI Klambu tahun ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (485kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yaitu 6 x pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII D MTs YPI Klambu Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, catatan lapangan, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dilihat dari rata-rata nilai pada keadaan awal adalah 63,44 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64,37 dan pada siklus II meningkat menjadi 70,56. Dapat dilihat juga dari indikatornya yaitu : 1) Kemampuan siswa menerapkan berbagai macam strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah, sebelum tindakan 17,39%, putaran I 23,91%, dan putaran II 32,61%. 2) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan pengaplikasian konsep, sebelum tindakan 10,86%, putaran I 15,21%, dan putaran II 26,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, matematika, Number Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 07:29
Last Modified: 08 Aug 2012 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item View Item