Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede)

Hastuti, Endang Dwi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (550kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran poster session pada siswa kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 tahapan dasar yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi,wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Subjek pemberi tindakan adalah Guru mata pelajaran matematika kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede, sedangkan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 36 siswa. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu aliran data dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator dari pemahaman konsep dan komunikasi siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata atau dalam kehidupan sehari-hari meningkat dari (13,9%) menjadi (72,2%), 2) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep meningkat dari (16,7%) menjadi (80,6%), 3) Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari (8,3%) menjadi (44,4%), 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman meningkat dari (0%) menjadi (33,3%), 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain atau guru meningkat dari (8,3%) menjadi (50%), 6) Kemampuan siswa dalam bekerja kelompok atau berdiskusi meningkat dari (11,1%) menjadi (88,8%). Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Komunikasi Siswa, Strategi Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Poster Session
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Aug 2012 09:36
Last Modified: 07 Aug 2012 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item