Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono)

Giarti, Iis (2012) Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi dengan strategi Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Banyudono yang berjumlah 35 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran sebelum tindakan 31,43% dan di akhir tindakan 82,86%, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 34,29% dan di akhir tindakan 85,71%, 3) antusias siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,43% dan di akhir tindakan 54,29%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 17,14% dan di akhir tindakan 74,29%, 5) kemampuan siswa mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan 71,43%, 6) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang tepat sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 77,14%, 7) kemampuan siswa dalam memberi tanggapan atas jawaban siswa yang lain sebelum tindakan 8,57% dan di akhir tindakan 54,29%, 8) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 28,57% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan strategi Scramble dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang dan persegi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scramble, motivasi, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Aug 2012 05:28
Last Modified: 07 Aug 2012 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19495

Actions (login required)

View Item View Item