Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh)

PUTRI, IKE NOVIANTI MEGA (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Question Student Have (Ptk Pembelajaran Kelas Vii B Smp Karya Toroh). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VII B SMP Karya Toroh melalui metode Question Student Have (QSH). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Karya Toroh yang berjumlah 22 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Karya Toroh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan garis dan sudut. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam menanggapi pertanyaan sebelum tindakan 18,18% dan meningkat menjadi 54,54%, (2) kemauan siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan 54,54% setelah tindakan 86,36%, dan (3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sesuai materi ajar sebelum tindakan 18,18% setelah tindakan 63,63%. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas VII B SMP Karya Toroh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman_konsep, Question Student Have
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 11:25
Last Modified: 06 Aug 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item