Pengaruh Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (Sispala) Terhadap Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika(Pada Siswa Kelas X Dan Xi Semester Genap Smk Adi Sumarmo TahunAjaran 2011/2012)

Priyastiwi, Okta (2012) Pengaruh Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (Sispala) Terhadap Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika(Pada Siswa Kelas X Dan Xi Semester Genap Smk Adi Sumarmo TahunAjaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL.pdf

Download (202kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Ekstrakulikuler Sispala terhadap prestasi siswa dalam pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Adi Sumarmo Kelas X dan XI Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMK Adi Sumarmo tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki – laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji normalitas yang menggunakan metode uji Lillifors, dan uji keberartian koefisien arah regresi (uji t). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (SISPALA) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis regresi linear yang diketahui bahwa koefisien arah regresi dari variabel kegiatan ekstrakurikuler Sispala adalah sebesar 0,366 atau bernilai positif. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 2,336 > 2,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,031. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “Ada Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (SISPALA) Terhadap Prestasi Belajar Siswa” dapat diterima. 2) berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,233. Arti dari koefisien ini adalah bahwa kegiatan ekstrakurikuler Sispala dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika sebesar 23,3%, sedangkan sisanya 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler SISPALA, Prestasi, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Aug 2012 11:33
Last Modified: 06 Aug 2012 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item