Penerapan Vmme ( Virtual Manipulative Mathematics In Education ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (Ptk Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gemolong 3 Tahun 2011/2012)

HASANAH, AGUSTINA NURUL (2012) Penerapan Vmme ( Virtual Manipulative Mathematics In Education ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (Ptk Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gemolong 3 Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskha publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan penerapan media pembelajaran VMME (Virtual Manipulative Mathematics in Education). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas II SD Negeri Gemolong 3 yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui dalam analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Senang terhadap guru matematika meningkat dari 9 siswa (21,95 %) menjadi 27 siswa (69,23 %), 2) Memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran berlangsung meningkat dari 10 siswa (24,39 %) menjadi 35 siswa (89,74 %), 3) Menanyakan materi mengenai hal – hal yang belum jelas meningkat dari 6 siswa (14,63 %) menjadi 29 siswa (74,36 %), 4). Antusias mengerjakan tugas tepat waktu meningkat dari 8 siswa (19,51 %) menjadi 35 siswa (89,74 %). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran VMME dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar matematika, media pembelajaran VMME
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 11:16
Last Modified: 06 Aug 2012 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item