Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Pada Siswa Kelas Vii Smp N 2 Banyudono

ANGGARA, YUDHA (2012) Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Pada Siswa Kelas Vii Smp N 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar matematika melalui strategi Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII.D SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) membawa peralatan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 44,44 %, diakhir tindakan menjadi 82,85 %, 2) menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan sebesar 27,78 %, diakhir tindakan naik menjadi 65,71 %, 3) menyelesaikan PR tepat waktu sebelum tindakan 61,11% diakhir tindakan naik menjadi 85,57%, 4) masuk kelas tepat waktu sebelum tindakan sebesar 47,72 %, diakhir tindakan naik menjadi 88,57 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, guided note taking.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:56
Last Modified: 06 Aug 2012 12:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19477

Actions (login required)

View Item View Item