Pengaruh Aspek Kognitif Dan Aspek Afektif Terhadap Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012

Hartini, Tri (2012) Pengaruh Aspek Kognitif Dan Aspek Afektif Terhadap Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Jurnal_publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh aspek kognitif terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi, 2) pengaruh aspek afektif terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi, 3) aspek kognitif dan aspek afektif secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Karangpandan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 88 siswa yang diambil dengan tehnik proportional random sampling dengan undian. Tehnik pengumpulan data dengan angket dan soal tes. Angket telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan uji validitas dan reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji determinasi (R2) serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperolah persamaan:Y= 34,930+0,346X1+0,278X2 artinya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi dipengaruhi oleh aspek kognitif dan aspek afektif. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) aspek kognitif berpengaruh positif terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1=2,720 > ttabel 1,980 pada taraf signifikansi 5%. (2) aspek afektif berpengaruh positif terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2=2,087 > ttabel 1,980 pada taraf signifikansi 5%. (3) aspek kognitif dan aspek afektif secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 9,28 > Ftabel 3,09 pada taraf signifikansi 5%. (4) hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,179, ini berarti 17,9% kesulitan siswa mengerjakan soal akuntansi dipengaruhi oleh aspek kognitif dan aspek afektif, sedangkan sisanya 82,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. (5) hasil perhitungan SE dan SR menunjukkan bahwa kontribusi aspek kognitif terhadap kesulitan mengerjakan soal akuntansi adalah sebesar 10,7% sedangkan aspek afektif sebesar 7,2%. Total sumbangan efektif aspek kognitif dan aspek afektif dalam mengerjakan soal akuntansi ini adalah sebesar 17,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif, aspek afektif, kesulitan mengerjakan soal akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:23
Last Modified: 06 Aug 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19468

Actions (login required)

View Item View Item