Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PKn Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Eksplorasi Pada MGMP PKn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri)

Wulandari, Rini Eko (2012) Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PKn Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Eksplorasi Pada MGMP PKn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (31MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP bidang studi PKn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri di Pracimantoro. Subjek penelitian adalah guru PKn yang menjadi anggota MGMP Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri terdiri dari empat distrik yaitu distrik Eromoko, distrik Wuryantoro, distrik Manyaran dan distrik Pracimantoro. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu sumber data dan teknik atau metode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Silabus dan RPP), (2) Pembuatan kisi-kisi soal Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Harian (UH) dan Ulangan Akhir Semester (UAS) dan (3) Pengembangan diri melalui pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Diktat/Modul dan Alat Peraga. Kendala dalam pelaksanaan antara lain tidak dibuatnya program kerja tahunan, kurangnya dana yang tersedia untuk mengadakan kegiatan rapat dan masih kurangnya kesadaran diri untuk ikut serta dalam setiap kegiatan MGMP PKn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri. Solusi dari kendala pelaksanaan kegiatan MGMP Pkn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri di Pracimantoro antara lain Ketua kegiatan lebih mempertegas bahwa semua anggota wajib hadir pada setiap pertemuan dan kurangnya dana yang tersedia dipecahkan melalui solusi yaitu setiap kali pertemuan semua anggota wajib membayar uang kas kepada bendahara. Mengenai tidak dibuatnya program kerja tahunan, saat ini belum bisa diatasi karena sebagaimana diketahui bahwa dalam pelaksanaan kegiatan MGMP PKn tidak serutin kegiatan MGMP yang dimasukkan ke dalam Ujian Nasional seperti Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, sehingga agenda kegiatan MGMP PKn Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri dibuat pada saat ada kepentingan saja

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: musyawarah guru mata pelajaran, kompetensi profesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Aug 2012 07:26
Last Modified: 06 Aug 2012 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item View Item