Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Modelling The Way (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun 2011/ 2012)

Sulistiani, Okta (2012) Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Modelling The Way (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Modelling The Way pada materi Lingkaran. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian kedisiplinan belajar matematika meningkat. Peningkatan kedisiplinan di amati dari 1) siswa yang menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan 17,24% dan setelah tindakan 68,96%, 2) siswa yang datang di kelas pada saat pelajaran matematika tepat waktu sebelum tindakan 34,48% dan setelah tindakan 86,21%, 3) siswa yang menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu sebelum tindakan 10,34% dan setelah tindakan 65,52%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Modelling The Way
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Aug 2012 06:38
Last Modified: 03 Aug 2012 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19429

Actions (login required)

View Item View Item