Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP N 3 Colomadu Ajaran 2011/2012)

Dewi, Desy Nur Chandra (2012) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP N 3 Colomadu Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_-.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka1_new.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPRN_FUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran aktif Hollywood Squares Review. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa, terdiri 16 siswa putri dan 16 siswa putra, sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian belajar matematika dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemandirian belajar matematika adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan mengerjakan soal latihan sebelum tindakan mencapai 28,25% dan di akhir tindakan mencapai 71,8%, 2) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan mencapai 15,6% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, dan 3) Kemampuan dalam menjelaskan pekerjaannya kepada teman lainnya sebelum tindakan mencapai 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 68,75%. Hasil tes individu yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 70, sebelum tindakan sebesar 37,5% dan mengalami peningkatan menjadi 78,12% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif Hollywood Squares Review dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika pada materi segi empat sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Matematika, Prestasi belajar, Strategi Pembelajaran Aktif Hollywood Squares Review
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Aug 2012 05:13
Last Modified: 03 Aug 2012 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item View Item