Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantingan Tahun Ajaran 2011/2012

Lisnawati, Dwi Ermania (2012) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantingan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (615kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Mantingan dengan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran ekonomi siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan aktivitas siswa sebesar 43,47% 2) tindakan siklus I aktivitas siswa sebesar 68,47% 3) tindakan siklus II aktivitas siswa sebesar 78,25%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (75) sebesar 39,13% 2) tindakan siklis I hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat sebesar 65,21% 3) tindakan siklus II hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat sebesar 82,60%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar Numbered Heads Together dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, hasil belajar, aktivitas siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2012 08:47
Last Modified: 02 Aug 2012 08:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item