Potret Kehidupan Perempuan Pedagang Pada Malam Hari dalam Perspektif Gender (Studi Kasus Perempuan Pedagang Kaki lima di Alun-alun Kota Kecamatan Wonogiri,Kabupaten Wonogiri)

Winarno, Jawi Winarno, (2012) Potret Kehidupan Perempuan Pedagang Pada Malam Hari dalam Perspektif Gender (Studi Kasus Perempuan Pedagang Kaki lima di Alun-alun Kota Kecamatan Wonogiri,Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Potret kehidupan perempuan pedagang pada malam hari dalam perspektif gender di kota Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian ini adalah para perempuan pedagang pada malam hari di pusat kota kabupaten Wonogiri. Data penelitian ini dikumpulkan dari berbagai sumber melalui informan atau nara sumber dan aktifitas perempuan pedagang pada malam hari di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Dalam model ini ada 4 komponen analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan potret kehidupan perempuan pedagang pada malam hari di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Simpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Faktor-faktor yang mendorong perempuan memilih bekerja menjadi pedagang pada malam hari di pinggir jalan raya pusat kota Wonogiri berasal dari dorongan diri sendiri, dorongan dari keluarga, dan dari dorongan lingkungan sekitarnya. (2) Gambaran keadaan sosial ekonomi para perempuan pedagang yang menggelar dagangannya pada malam hari di pinggir jalan raya pusat kota Wonogiri sebagian besar dari mereka berasal dari keluarga kurang mampu, dan sebagian dari mereka juga sudah berusi lanjut. Banyak alasan mereka berdagang pada malam hari tanpa memperhitungkan resiko kesehatan dan keamanannya, antara lain karena menjadi tulang punggung keluarga, tidak mau menyusahkan anggota keluarga yang lain, tidak mau tergantung pada anakanaknya dan membantu perekonomian keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kehidupan, Perempuan pedagang pada malam hari, perspektif gender
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Aug 2012 06:19
Last Modified: 02 Aug 2012 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19409

Actions (login required)

View Item View Item