Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi Melalui Model Bengkel Sastra Pada Siswa Kelas VII A Smp Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Arimukti, Yesi (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi Melalui Model Bengkel Sastra Pada Siswa Kelas VII A Smp Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (913kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (785kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam menulis kreatif puisi dengan model Bengkel Sastra pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Surakarta, dan (2) meningkatkan kemampuan pembelajaran menulis kreatif puisi melalui model Bengkel Sastra siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Surakarta melalui model Bengkel Sastra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah keaktifan, proses pembelajaran menulis kreatif puisi, dan kemampuan siswa terhadap pembelajaran menulis kreatif puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa yaitu tempat guru dan siswa melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP Negeri 1 Surakarta; informan, yaitu guru bidang studi bahasa Indonesia; dan dokumen, yaitu materi pembelajaran, nilai siswa, RPP serta foto peristiwa penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kritis dan teknik komparatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan model bengkel sastra dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran menulis kreatif puisi. Hal ini dibuktikan dengan presentase keaktifan bertanya dan menanggapi informasi meningkat setiap siklus. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 41,67% (10 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (21 siswa). (2) penerapan model bengkel sastra dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi. Hal ini terbukti pada siklus I nilai siswa yang mencapai ≥ 80 sebesar 29,2% (7 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,17% (19 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan Menulis Kreatif, Puisi, dan Bengkel Sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Aug 2012 07:16
Last Modified: 01 Aug 2012 07:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item