Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pengalaman Pribadi Dengan Metode Kontruktivisme Pada Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Widowati, Wiji (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pengalaman Pribadi Dengan Metode Kontruktivisme Pada Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah PublikasiLampiran)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pengalaman pribadi dengan metode kontruktivisme dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembalajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode pembelajaran kontruktivisme. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas X 2. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X 2. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) menggunakan metode kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai 70,08. Pada siklus II meningkat menjadi 74,52 dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 88,64 (2) metode pembelajaran kontruktivisme dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keaktifan siswa bertanya siklus I17,65% siklus II 23,52% Siklus III 32,40% dan keaktifan menjawab pertanyaan terjadi peningkatan dari siklus I 17,64% siklus II 20,58% siklus III 38,24%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karangan Narasi, metode pembelajaran kontruktivisme, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Jul 2012 10:39
Last Modified: 31 Jul 2012 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item