Pemahaman Dan Implementasi Ketaatan Hukum Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus pada PKL di Jalan R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan)

Anggun M.S, Dhika (2012) Pemahaman Dan Implementasi Ketaatan Hukum Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus pada PKL di Jalan R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (43MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, pemahaman, dan implementasi ketaatan hukum para PKL di Jalan R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan. Strategi penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal terperancang.Sumber data diperoleh dari beberapa sumber yaitu informan, tempat dan peristiwa serta arsip maupun dokumen. Keabsahan data, penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yang pertama sumber data untuk mengumpulkan data yang sama dan kedua, menggunakan teknik atau metode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan mencatat arsip dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik para PKL di Jalan R. Soeprapto Purwodadi adalah berusia 31-40, berpendidikan SMP, berasal dari wilayah Kota Purwodadi, jenis dagangan yang paling dominan adalah makanan dan berpendapatan antara Rp 51.000,- sampai dengan Rp 100.000,-. Pemahaman ketaatan hukum sebagian PKL di Jalan R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan cukup rendah. Pengetahuan yang ada di kalangan PKL adalah pengetahuan akan eksistensi perda, yakni tentang keberadaan peraturan daerah yang mengatur tentang berdagang di kawasan perkotaan. Pengetahuan dan pemahaman PKL hanya mengetahui isi Perda, tetapi tidak menjalankan isi dari peraturan tersebut. Implementasi ketaatan hukum para PKL di Jalan R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan didasarkan pada Peraturan daerah (Perda) No.11 Tahun 2005 tentang Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban khususnya pada pasal Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima. Untuk mengatasi permasalahan PKL, Pemerintah Kota Purwodadi mengambil sikap dengan cara membuat strategi program pembinaan, penataan, dan penertiban. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam melakukan penataan dan pembinaan PKL dilakukan dengan berbagai pendekatan dan melibatkan semua pihak termasuk PKL sebagai objek yang terkena dampak kebijakan tersebut secara langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketaatan hukum pedagang kaki lima
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Jul 2012 08:23
Last Modified: 31 Jul 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item