Analisis Aspek Gramatikal Pengacuan Persona dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X TKJ A SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Angkatan 2011/2012

Handayani, Retno Handayani (2012) Analisis Aspek Gramatikal Pengacuan Persona dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X TKJ A SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (347kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, memaparkan bentuk kohesi gramatikal pengacuan persona pada karangan narasi siswa kelas X TKJ A SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Kedua, memaparkan letak kohesi gramatikal pengacuan persona pada karangan narasi siswa kelas X TKJ A SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik penyediaan data dilakukan dengan metode simak dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik Baca markah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 1) bentuk kohesi gramatikal pengacuan persona yang terdapat pada karangan narasi siswa meliputi pronomina persona I bentuk tunggal aku, saya dan pronomina persona I bentuk jamak kami, kami semua. Pronomina persona III bentuk tunggal dia dan pronomina persona II tidak ditemukan dalam karangan narasi siswa. Adapun bentuk kohesi gramatikal pengacuan persona yang sering muncul yaitu pronomina persona I tunggal didominasi dengan aku, dan pronomina persona I jamak didominasi pronomina kami. 2) letak kohesi gramatikal pengacuan persona yang terdapat dalam karangan narasi siswa meliputi persona I tunggal terikat lekat kanan –ku yang bersifat eksofora yang anaforis, persona II tunggal terikat lekat kanan –mu yang bersifat endofora yang anaforis dan persona III tunggal terikat lekat kanan –nya yang bersifat endofora yang anaforis maupun endofora yang kataforis. Adapun letak kohesi gramatikal pengacuan persona sering muncul yaitu meliputi persona I tunggal terikat lekat kanan –ku yang bersifat eksofora yang anaforis dan persona III tunggal terikat lekat kanan –nya yang bersifat endofora yang anaforis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karangan Narasi, Pengacuan Persona
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 31 Jul 2012 06:18
Last Modified: 31 Jul 2012 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item View Item