Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMA (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012)

Utami, Aulia Putri (2012) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMA (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (28MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (651kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan ciri-ciri materi pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012, 2) Mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran PKn kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen utama. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yaitu: 1) trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen, 2) trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen serta arsip yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Pendidikan Karakter pada Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMA (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012) dapat ditarik kesimpulan : 1) Materi pendidikan karakter yang terkandung dalam buku PKn karangan Budiyanto untuk kelas X ialah; hakikat bangsa dan negara, sistem hukum dan peradilan nasional, pemajuan, penghormatan, dan perlindungan hak asasi manusia, hubungan dasar Negara dan konstitusi, persamaan kedudukan warganegara, sistem politik Indonesia. 2) Pendidikan karakter yang terkandung dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), meliputi; religious, kreatif, semangat kebangsaan, disiplin, kerjasama, tanggung jawab, demokratis, percaya diri, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban. 3) Solusi dari masalah kurangnya semangat dan kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah dengan memulai kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan SK, KD serta pesan pendidikan karakter yang terkandung dalam sub materi yang akan diajarkan dan memberikan strategi pengajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, proses pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Jul 2012 06:27
Last Modified: 31 Jul 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item