Realisasi Bentuk Tindak Tutur Direktif Menyuruh Dan Menasihati Guru-Murid Di Kalangan Andik TK Di Kecamatan Sragen Wetan

Sari, Eprilia Kartika (2012) Realisasi Bentuk Tindak Tutur Direktif Menyuruh Dan Menasihati Guru-Murid Di Kalangan Andik TK Di Kecamatan Sragen Wetan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan realisasi bentuk tindak tutur direktif menyuruh dan menasihati guru kepada murid dikalangan andik TK di Kecamatan Sragen Wetan. (2) Mendeskripsikan strategi tindak tutur direktif menyuruh dan menasihati guru kepada murid dikalangan andik TK di Kecamatan Sragen Wetan. Manfaat dari penelitian ini menambah wawasan tentang tindak tutur direktif, khususnya tindak tutur direktif menyuruh dan menasihati. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif menyuruh dan menasihati guru-murid dikalangan andik TK di Kecamatan Sragen Wetan yaitu TK IT Az Zahra dan TK Aisyiyah. Data dalam penelitian ini adalah berupa katakata dan kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru TK IT Az Zahra dan TK Aisyiyah yang mengandung tuturan direktif menyuruh dan menasihati. Sumber data dalam penelitian ini tindak tutur guru TK IT Az Zahra dan TK Aisyiyah Sragen Wetan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, rekam dan catat. Temuan dari penelitian ini yaitu ditemukan 16 tuturan menyuruh dan 12 tuturan menasihati. Tuturan menyuruh menggunakan pemarkah transitif dan intransitive. Modus dalam tuturan menasihati yaitu menyarankan, menganjurkan, melarang dan mengingatkan. Strategi tindak tutur direktif menyuruh ditemukan 14 tuturan dengan strategi langsung dan 2 tututan menggunakan strategi tidak langsung. Sedangkan strategi tindak tutur direktif menasihati ditemukan 8 tuturan menggunakan strategi langsung dan 4 tuturan menggunakan strategi tidak langsung. Guru TK di Kecamatan Sragen Wetan sering menyuruh dan menasihati andik TK menggunakan strategi langsung. Pada dasarnya anak TK belum begitu mampu untuk memahami maksud dari tuturan guru yang diungkapkan dengan strategi tidak langsung. Oleh karena itu, guru sering mengungkapkan tuturan menyuruh dan menasihati menggunakan strategi langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur direktif, guru TK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Jul 2012 09:18
Last Modified: 27 Jul 2012 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19342

Actions (login required)

View Item View Item