Penerapan Model Pembelajaran Science Education For Quality Improvement Project (Seqip) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan Keaktifan Pada Siswa Kelas IV SD N Putatsari 1 Grobogan Tahun 2011/2012

Septiyani, Eka (2012) Penerapan Model Pembelajaran Science Education For Quality Improvement Project (Seqip) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan Keaktifan Pada Siswa Kelas IV SD N Putatsari 1 Grobogan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTIKEL.pdf

Download (136kB)

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Science Education for Quality Improvement Project (SEQIP) dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 1 Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa di kelas IV SD Negeri 1 Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan melalui penerapan model pembelajaran Science Education for Quality Improvement Project (SEQIP) semester genap tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Putatsari yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Science Education for Quality Improvement Project (SEQIP) dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa kelas IV SD N 1 Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan berupa peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai KKM. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM sebanyak 32%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 siswa mencapai KKM sebanyak 41%, dan siklus I pertemuan 2 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 55%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II pertemuan 1 siswa yang mencapai KKM sebanyak 80%, dan siklus II pertemuan 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 94%. Rata-rata keaktifan pada pra siklus: 1) antusias/perhatian dalam menerima pembelajaran sebelum tindakan 50%, setelah tindakan 93%. 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 41%, setelah tindakan 86%. 3) bertanya sebelum tindakan 29%, setelah tindakan 80%. 4) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan 60%, setelah tindakan 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Science Education for Quality Improvement Project (SEQIP) dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Putatsari 1 Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Keaktifan, dan Science Education for Quality Improvement Project (SEQIP).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2012 06:32
Last Modified: 27 Jul 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19339

Actions (login required)

View Item View Item