Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Tama, Dian Evi (2012) Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, eksperimen dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi mengalami peningkatan. Sebelum tindakan diperoleh tingkat patisipasi sebesar 18,32% dan hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM 41,67% dengan nilai rata-rata 54,83. Pada siklus I tingkat partisipasi siswa meningkat menjadi 45,83% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 62,5% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 59,38. Pada siklus II tingkat partisipasi siswa meningkat menjadi 71,67% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 79,17 % dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 70,75. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Partisipasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Jul 2012 05:40
Last Modified: 27 Jul 2012 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item View Item