Penerapan Metode Dicovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Jurug Tahun Ajaran 2011/2012

Endrawati, Endrawati (2012) Penerapan Metode Dicovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Jurug Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra PUstaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Jurug Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan metode Discovery Learning pada materi pokok operasi penjumlahan pecahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri I JURUG Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 28 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observing), dan yang terakhir refleksi. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kwalitatif dengan analisis interatif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 39% (11 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 28 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 64% (18 siswa) dari 28 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22% dari siklus I menjadi 86% (24 siswa) dari 28 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika kelas IV SD Negeri I Jurug Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Learning, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 10:28
Last Modified: 26 Jul 2012 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item