Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pulokulon Grobogan Tahun 2011/2012

Lestari, Siti (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pulokulon Grobogan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (702kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Matematika melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 2 Pulokulon, Grobogan yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Siswa yang mempunyai keinginan untuk berhasil 87,09 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan dalam belajar 45,16%, 3) Siswa yang mempunyai harapan dan cita-cita masa depan 100 %, 4) siswa yang tertarik dengan kegiatan pembelajaran 100% 5) Siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar 90,32%, 6) Siswa yang senang belajar Matematika 83,87%, 7) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru 96,77%, 8) Siswa yang mengerjakan soal dengan baik 100%, 9) Siswa yang antusias dengan pelajaran Matematika 96,77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: joyful learning, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 10:04
Last Modified: 26 Jul 2012 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item