Analisis Kinerja Kepala Daerah Berlatar Belakang Pengusaha: Wujud Reformasi Sektor Publik Di Indonesia

Rahaditama , Muhammad Williams (2012) Analisis Kinerja Kepala Daerah Berlatar Belakang Pengusaha: Wujud Reformasi Sektor Publik Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang kinerja Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Kepala Daerah berlatar belakang pengusaha dan non-pengusaha ditinjau dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), tingkat kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selain itu juga untuk menilai kinerja Kepala Daerah berlatar belakang pengusaha lebih baik dibandingkan dengan non-pengusaha ditinjau dari PAD, PDRB, tingkat kemiskinan, dan IPM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah (kabupaten/kota) di Indonesia. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Di Jawa Tengah terdapat 35 Kabupaten dan Kota, sedangkan D.I. Yogyakarta memiliki 5 Kabupaten dan Kota. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan judgement sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample t-test. Selanjutnya dilakukan analisis rumusan masalah kedua dengan membandingkan nilai mean dari masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan antara kinerja Kepala Daerah yang berlatar belakang pengusaha dibandingkan dengan non-pengusaha yang ditinjau dari pertumbuhan PAD, PDRB, tingkat kemiskinan, dan IPM. Hasil dari uji t dari semua variabel menunjukkan nilai p-value diatas > 0,05 (α) sehingga semua H0 diterima dan hipotesis dalam penelitian ini tidak terdukung secara statistik. Namun pada rumusan masalah kedua, diperoleh hasil Kepala Daerah berlatar belakang pengusaha memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan non-pengusaha ditinjau dari PAD, PDRB, tingkat kemiskinan dan IPM. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean yang dimiliki Kepala Daerah berlatar belakang pengusaha lebih besar dibanding non-pengusaha, terkecuali mean variabel tingkat kemiskinan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja kepala daerah, pendapatan asli daerah, produk domestik regional bruto, tingkat kemiskinan, indeks pembangunan manusia
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Jul 2012 08:57
Last Modified: 26 Jul 2012 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19327

Actions (login required)

View Item View Item