Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Make A Match ( Mencari Pasangan ) Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Listiani, Ana (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Make A Match ( Mencari Pasangan ) Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_judul.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.artikel.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak tumbuhan dengan penerapan strategi pembelajaran Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif), sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan menerapkan strategi pembelajaran Make a Match dilanjutkan mencari pasangan dan diakhiri post test pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai awal rata-rata hasil belajar siswa 53,84 (24%), Pada siklus I aspek kognitif 69,20 (56%), sedangkan aspek afektif 14 (56%), kategori berminat. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif 81,20 (76%), aspek afektif meningkat menjadi 18 (72%), kategori sangat berminat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif & Aspek Afektif, Strategi Pembelajaran Make a Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 07:08
Last Modified: 26 Jul 2012 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item