Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Mediapower Pointuntuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Konsep IPA Pada Siswa Kelas X.E 1 SMK Negeri 1 Cluwak Patitahun Ajaran 2011/2012

Destiningtyas, Indri (2012) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Mediapower Pointuntuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Konsep IPA Pada Siswa Kelas X.E 1 SMK Negeri 1 Cluwak Patitahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.ARTIKEL.pdf

Download (119kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power point.Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah model pembelajaran dengan cara dikelompokkan dan tujuannya memecahkan suatu permasalahan dimana model pembelajaran ini cukup menyenangkan, sehingga dapa tmembuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa dan menjadikan belajar tidak terlupakan, sedangkan media power pointadalah suatu alat atau media pembelajaran dimana berisi inti – inti dari suatu materi pelajaran sehingga membuat siswa berinisiatif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar konsep IPA siswa kelas X.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power pointyang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas X.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 55 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 59,06 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 82,03. Sedangkan untuk perilaku afektif pada siklus I dengan rata-rata 9,40 dengan kriteria cukupberminat dan meningkat pada siklus II menjadi 14,5 dengan kriteria berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power pointdapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan keaktifan dan hasil belajar konsep IPA siswa kelasX.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012pada materi litosfer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, numbered heads together dengan media power point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:52
Last Modified: 26 Jul 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item