Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012

SUPRAPTI, SUPRAPTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dari penyampaian materi yang mo-noton, pemilihan strategi yang kurang tepat, kurangya keaktifan siswa dan ren-dahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. 2) Hasil belajar siswa klas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strate-gi pembelajaran Learning Starts With A Question yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II dalam partisipasi aktif siswa berupa tunjuk jari dari 30% menjadi 71,3%, keberanian bertanya dari 27,5% menjadi 68,8%, keberanian menjawab pertanyaan dari 26,8% menjadi 68,1%, keberanian menanggapi pernyataan dari 26,2% menjadi 66,3% dan. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 63 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (40%) dan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 35 siswa (87,5%. Kesimpulan penelitian ini ada-lah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Ekosistem kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi LSQ, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Jul 2012 11:36
Last Modified: 25 Jul 2012 11:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item