Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012

WIDYASTUTI, YULI (2012) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi pokok materi gerak tumbuhan dengan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah 1) memberikan pengetahuan bagi guru tentang pentingnya strategi pembelajaran aktif yang menarik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) memotivasi siswa agar lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) menambah pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar. Strategi Inquiring Minds Want to Know adalah strategi yang digunakan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa untuk berpendapat terhadap suatu persoalan. Media gambar digunakan karena sederhana, mudah dibuat, mudah dipahami dan menjadikan suasana pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari keaktifan dan hasil (aspek afektif dan kognitif) belajar siswa. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan pos tes di setiap siklusnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 27,58 (kategori berminat) menjadi 32,85 (kategori sangat berminat) dan hasil belajar (aspel afektif dan aspek kognitif) di setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%) yang dapat mencapai nilai KKM (70), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) dan pada sikus II sebesar 25 siswa (96,15%). Hasil belajar nilai kognitif rata-rata kelas sebelum pelaksanaan tindakan 59,42 meningkat pada siklus I yaitu 71,73 dan pada siklus II menjadi 85,19. Rata-rata aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I 22,38 (kategori berminat) dan siklus II 26,85 (kategori berminat) mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok materi gerak tumbuhan kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, hasil belajar, strategi inquiring minds want to know dan media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Jul 2012 10:24
Last Modified: 25 Jul 2012 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item