Perbedaan Antara Pembelajaran Indvidual ( Metode Mind Mapping ) Dengan Pembelajaran Kooperatif (Metode Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Mojogedang Tahun Ajaran 2011/2012

Yulianto, Ari (2012) Perbedaan Antara Pembelajaran Indvidual ( Metode Mind Mapping ) Dengan Pembelajaran Kooperatif (Metode Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Mojogedang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (43MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustala)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dengan metode pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojogedang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojogedang, yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII B dan VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling menggunakan Non Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t Test sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan: terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Mind Mapping dan metode Numbered Head Together dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,00. Dari hasil belajar yang diperoleh metode Numbered Head Together lebih baik dibandingkan metode Mind Mapping yaitu 78,63 > 71,25.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:37
Last Modified: 25 Jul 2012 07:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19303

Actions (login required)

View Item View Item