Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 3 Salatiga

Sofiyani, Iin (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 3 Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada perencanaan pembelajaran matematika, (2) memaparkan penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada pelaksanaan pembelajaran matematika, (3) memaparkan penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada evaluasi pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan adalah guru matematika dan siswa SMP Negeri 3 Salatiga. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada perencanaan pembelajaran matematika yaitu melalui penyusunan silabus dan RPP. Pada silabus ditambahkan kolom tersendiri yang memuat karakter siswa yang diharapkan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi. Pada RPP ditambahkan sub bagian tersendiri mengenai karakter siswa yang diharapkan meskipun tidak dalam setiap langkah pembelajaran. (2) penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada pelaksanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan pembelajaran yang didalamnya telah memuat nilai-nilai pendidikan karakter bangsa. (3) penanaman dan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada evaluasi pembelajaran matematika melalui pemberian tugas atau PR yang dikerjakan secara individu maupun kelompok serta ulangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Pengembangan, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2012 06:34
Last Modified: 25 Jul 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item