Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Learning Start with a Question Pada Anak Kelas IV Mata Pelajaran PKN Di SD Negeri 01 Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Astutik, Christina Wahyu Widi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Learning Start with a Question Pada Anak Kelas IV Mata Pelajaran PKN Di SD Negeri 01 Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Pereng semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Pereng yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar PKn meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 46,875 %, siklus I 84,375 %, dan siklus II 100 %; 2) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan hanya ada 3 siswa, siklus I 15,625 %, dan siklus II 46,875 %; 3) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 40,625 %, siklus I 65,625 %, dan siklus II 90,625 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui strategi pembelajaran Learning Start with a Question dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 01 Pereng tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PKn, Learning Start with a Question
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Jul 2012 08:50
Last Modified: 24 Jul 2012 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19285

Actions (login required)

View Item View Item