Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran modelling the way pada siswa kelas V SDN I Sawahan Ngemplak Boyolali

Efriana, Hana Aditya (2012) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran modelling the way pada siswa kelas V SDN I Sawahan Ngemplak Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan dasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan metode modeling the way pada siswa kelas V SD Negeri I Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai subyek yang membantu pelaksanaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Sawahan Ngemplak dan guru kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi,tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 6 tahap, yaitu diskusi awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan rata-rata nilai prasiklus 58,27 dengan ketuntatasan belajar yang diperoleh 38%, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 70,58 dengan ketuntasan belajar 68 %, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 79,04 dengan ketuntasan belajar 88 %. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan motivasi hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode modelling the way dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan percakapan, metode modeling the way (Demonstrasi percakapan)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Jul 2012 07:11
Last Modified: 24 Jul 2012 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19281

Actions (login required)

View Item View Item