Variasi Pola Kalimat, Isi Pesan, Dan Fungsi Pengungkapan Pada Iklan Otomotif Di Surat Kabar Solopos Edisi Desember 2011

Choiriyah, Lilis Nurul (2012) Variasi Pola Kalimat, Isi Pesan, Dan Fungsi Pengungkapan Pada Iklan Otomotif Di Surat Kabar Solopos Edisi Desember 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal._depan.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Iklan otomotif dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dengan bahasa yang singkat, padat, lugas, menarik, dan sederhana. Keberagaman bahasa iklan otomotif dapat dilihat dari penggunaan bahasa yang dilesapkan fungsi kalimatnya, dibalik susunan kalimatnya, penggunaan kata dasar, serta pemanfaatan bahasa asing. Selain itu, iklan otomotif menampilkan kalimat khas yang menjadi identitas produk otomotif. Keberagaman bahasa iklan otomotiflah yang menarik untuk diteliti. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini (1) mengidentifikasi pola kalimat, (2) mengungkapkan isi pesan, dan (3) mendeskripsikan fungsi pengungkapan pada iklan otomotif di surat kabar Solopos edisi Desember 2011. Penelitian ini dikembangkan dengan metode kualitatif yang bersifat deskripstif. Data yang dianalisis sebanyak 25 iklan otomotif. Teknik penyediaan datanya menggunakan metode sampel bertujuan dilanjutkan metode simak dan metode catat. Penelitian ini menggunakan teknik ganti dan teknik ubah ujud. Untuk mengidentifikasi pola kalimat menggunakan metode padan referensial dengan daya pilah pembeda referen berupa fungsi-fungsi kalimat. Selanjutnya, dalam mengungkapkan isi pesan menggunakan metode padan referensial, sedangkan untuk mendeskripsikan fungsi pengungkapan menggunakan metode agih dengan teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL). Teknik lanjutannya menggunakan teknik lesap dan teknik perluas. Hasil penelitian menunjukkan iklan otomotif di surat kabar Solopos edisi Desember 2011 memiliki 36 pola kalimat dari 132 jumlah seluruh kalimat yang dianalisis. Kuantitas munculnya pola kalimat adalah pola SP 16 kalimat, (S)POK 14 kalimat, SPK 13 kalimat, (S)(P)Pel. 11 kalimat, (S)P 8 kalimat, sedangkan 31 pola lainnya memiliki kuantitas muncul di bawah 8 kali. Berdasarkan hasil penelitian, isi pesan iklan otomotif berisi (1) promosi produk otomotif, (2) informasi hadiah, (3) informasi uang muka atau harga barang, (4) tipe-tipe produk otomotif, (5) kejuaraan otomotif, (6) promosi program otomotif, (7) informasi diskon, (8) ucapan hari Natal dan tahun baru, dan (9) fasilitas otomotif. Lima macam fungsi pengungkapan yang terkandung dalam iklan otomotif, yaitu (1) fungsi instrumental, (2) fungsi regulasi, (3) fungsi pemerian, (4) fungsi interaksi, dan (5) fungsi perorangan. Integrasi ketiga permasalahan dalam penelitian ini adalah iklan otomotif merupakan satu kesatuan yang utuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam iklan otomotif mengandung beragam kalimat sehingga ditemukan adanya variasi pola kalimat. Selain itu, terdapat beragam pesan dan ungkapan yang terkandung dalam iklan otomotif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola kalimat, isi pesan, dan fungsi pengungkapan.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2012 09:06
Last Modified: 23 Jul 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item