Prestasi Belajar Ditinjau Dari Sikap Belajar Mahasiswa Dan Cara Dosen Mengajar Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2008/2009

Sumarno, Sumarno (2012) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Sikap Belajar Mahasiswa Dan Cara Dosen Mengajar Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (128kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh sikap belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan, 2) pengaruh cara dosen mengajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan, dan 3) pengaruh antara sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2008/2009 FKIP Akuntansi UMS sebanyak 200 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 50 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 2,570 + 0,024X1 + 0,022X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) sikap belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata kuliah kewirausahaan program studi FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 3,732 > dari ttabel (2,012) pada taraf signifikansi 5%. (2) cara dosen mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kewirausahaan program studi FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 3,504 > ttabel (2,012) pada taraf signifikansi 5%. (3) sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kewirausahaan program studi Akuntansi FKIP UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperole h Fhitung sebesar 21,518 > Ftabel (3,20) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,478, ini berarti 47,8% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar. Sisanya sebesar 52,2% dijelaskan oleh variabel lain, misalnya fasilitas belajar, kreativitas belajar dan lain-lain. (5) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi sikap belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar sebesar 21,6% (X1), sedangkan cara dosen mengajar memberikan kontribusi sebesar 26,2% (X2), sehingga total sumbangan efektif sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar dalam meningkatkan prestasi belajar mata kuliah kewirausahaan program studi FKIP Akuntansi UMS adalah sebesar 47,8% (R2).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap belajar, cara dosen mengajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2012 07:43
Last Modified: 23 Jul 2012 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item View Item