Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ekonmi Materi Ketenagakerjaan Dan Pembentukan Harga Pasar Melalui Metode Tutor Sebaya (Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Firmandani, Liana (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ekonmi Materi Ketenagakerjaan Dan Pembentukan Harga Pasar Melalui Metode Tutor Sebaya (Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi materi ketanegakerjaan dan pembentukan harga pasar pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi khususnya pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat keaktifan sebesar 26,66% dan hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM 38, 89 %. Pada siklus I tingkat keaktifan siswa meningkat menjadi 57,78 % dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 66,67 %. Pada siklus II tingkat rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi 80 % dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 83,33 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Jul 2012 04:51
Last Modified: 21 Jul 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item