Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Rahman, Isnan Arfiani (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (509kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Team Quiz mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan hasil belajar ekonomi. Indikator kinerja yang dicapai dalam penelitian ini adalah 70 %. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi. Dari siklus yang dihasilkan peningkatan keaktifan siswa yang cukup baik. Hasil penelitian (1) Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan dalam bertanya sebelum tindakan 15,15 %, siklus I 48,48 % dan siklus II meningkat menjadi 75,75 %. b) keaktifan mengemukakan pendapat sebelum tindakan 12,12 %, siklus I 36,36 % dan siklus II meningkat menjadi 72,72 %. c) keaktifan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,21 %, siklus I 45,45 % dan siklus II meningkat menjadi 78,78 %, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai 70 sebelum tindakan sebanyak 18 siswa (54,54 %), siklus I sebanyak 25 siswa (75,75 %) dan siklus II sebanyak 30 siswa (90,90 %). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan ”Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012” minimal 70 % terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Team Quiz, Keaktifan, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Jul 2012 08:54
Last Modified: 19 Jul 2012 08:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item View Item