Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B Di Ra Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012

LESTARI, IKMALA YUNITA (2012) Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B Di Ra Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._Bab_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dengan menggunakan media kartu gambar (flash card). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang penguasaan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris pada anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru RA Barokah Klodran Colomadu Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui media kartu gambar (flash card). Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui media kartu gambar (flash card). Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai rata-rata penilaian anak 61,94% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 12,50%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 77,22% dengan peningkatan mencapai 15,28%. Dan siklus III mencapai rata-rata penilaian anak 86,94% dengan peningkatan mencapai 9,72%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dalam satu kelas sebelum tindakan 49,44%, siklus I mencapai 61,94%, siklus II mencapai 77,22%, dan siklus III mencapai 86,94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu gambar (flash card) dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok B di RA Barokah klodran Colomadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata, flash card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Jul 2012 11:57
Last Modified: 18 Jul 2012 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19227

Actions (login required)

View Item View Item