Penanganan Anak Hiperaktif Di Tk Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

PURNAMASARI, DEBI (2012) Penanganan Anak Hiperaktif Di Tk Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak hiperaktif dengan terapi bermain puzzle. Penelitian dilakukan pada anak di TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 2 anak. Penelitian ini dirancang dengan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis metode yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan berkurangnya hiperaktifitas anak melalui terapi permainan puzzle. Sebelum dilakukan terapi permainan puzzle anak tidak mampu berkonsentrasi dan implusifitas anak sangat tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan terapi permainan puzzle, kemampuan berkonsentrasi dan impulsifitas anak menunjukkan peningkatan yakni anak mampu menyelesaikan permainan puzzle. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi permainan puzzle dapat mengatasi hiperaktif anak di TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hiperaktif , terapi permainan puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 18 Jul 2012 11:04
Last Modified: 18 Jul 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item