Analisis Butir Soal Ujian Semester Mahasiswa Biologi Mata Kuliah Bidang Pendidikan Semester Gasal Program Studi Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Suzana, Yulia Ayu (2012) Analisis Butir Soal Ujian Semester Mahasiswa Biologi Mata Kuliah Bidang Pendidikan Semester Gasal Program Studi Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKa.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi_YULIA.pdf

Download (160kB)

Abstract

ujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Mahasiswa Biologi Semester Gasal mata kuliah bidang pendidikan MS TA 2011/2012 jika ditinjau berdasarkan analisis empirik, (2) Mengetahui jenjang penyebaran soal ditinjau dari ranah kognitif butir soal Ujian Akhir emester Mahasiswa Biologi Semester Gasal mata kuliah bidang pendidikan MS TA 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. pulan data berupa observasi, eksperimen, kepustakaan dan okumentasi. Sumber data berupa butir soal ujian, lembar jawaban mahasiswa dan kunci jawaban soal ujian mahasiswa Biologi dalam Ujian Akhir Semester ahasiswa Biologi Semester Gasal mata kuliah bidang pendidikan UMS TA 2011/2012. Analisis butir soal secara kualitatif berupa distribusi jenjang kognitif taksonomi Bloom, sedangkan analisis kuantitatif meliputi analisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektifitas pengecoh (distraktor). Berdasarkan hasil analisis validitas menunjukkan bahwa soal mata kuliah Landasan Pendidikan dan K Menengah dalam kriteria “valid” sedangkan Manajemen Pendidikan dalam kriteria “invalid”. Untuk analisis Reliabilitas menunjukkan mata kulia Landasan Pendidikan dan Kajian ya beda “cukup” seb D asp n rikulum sekolah ng 37,5% dan C4 25% ABST RAK ANAL ISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER MAHASISWA BIOLOGI MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN SEMESTER GASAL PROGRAM STUDI BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN I LMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 T U SU Teknik pengumd M ajian Kurikulum Sekolah h Kurikulum Sekolah Menengah dalam kriteria bereliabel “tinggi”, sedang Ma najemen Pendidikan “rendah”. Analisis tingkat kesukaran mata kuliahManajemen Pendidikan 25% soal “sukar”, 36,7% soal “sedang” dan 38,3% soal“mudah”. Berdasarkan analisis daya beda, soal dengan kriteria da anyak 20% sedangkan soal dengan daya beda “jelek” sebanyak 80%. ari ek efektifitas pengecoh terdapat 106 pilihan jawaban yang belum berfugsi da ri 300 pilihan jawaban. Berdasarkan distribusi jenjang ranah kognitif taksonomiBloom yang terukur adalah untuk mata kuliah kajian kumenengah terdapat soal tingkat kognitif C2 dan C3 masing-masi . Pada mata kuliah landasan pendidikan diperoleh C1 dan C3 masing-masing 16 ,7% dan C2 sebanyak 66,6%. Pada mata kuliah manajemen pendidikan tingkat kognitif C1 (35%), C2 (45%), C3 (11,7%), dan C4 (8,3%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis soal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Jul 2012 08:58
Last Modified: 11 Oct 2018 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item