Kegelisahan Batin Nyonya Martopo Dalam Naskah Drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang Karya Anton Chekov: Analisis Psikologi Sastra

Prihantoro, Denni (2012) Kegelisahan Batin Nyonya Martopo Dalam Naskah Drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang Karya Anton Chekov: Analisis Psikologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
Sinopsis_OOKPH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memaparkan struktur naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang karya Anton Chekov, (2) memaparkan kegelisahan batin Nyonya Martopo dalam naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang karya Anton Chekov. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kegelisahan batin Nyonya Martopo dalam naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang karya Anton Chekov, melalui kajian psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kutipan wacana dalam dialog naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan catat. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan model semiotik yang meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktur dapat disimpulkan bahwa tema dalam naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang adalah ujian kesetiaan. Alur dalam naskah drama ini menggunakan alur progresif atau maju, peristiwa yang yang diceritakan berjalan runtut dari awal hingga akhir. Tokoh dalam naskah drama ini terdiri dari tokoh utama (Mrs. Popov/Ny. Martopo), tokoh tambahan (Mr. Smirvov/Baitul Bilal dan Babalu/Darmo). Latar tempat dalam naskah drama ini di daerah Jawa Timur dan di dalam rumah Ny. Martopo. Latar waktu adalah jam 12.00 siang hari pada bulan juni tahun 1861, dan latar sosial adalah kehidupan pemilik perkebun kopi di daerah Jawa Timur yang kaya. Analisis kegelisahan batin tokoh utama dalam naskah drama Orang-Orang Kasar Penagih Hutang dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, yaitu tokoh utama mengalami kegelisahan objektif (berwujud gelisah keluar rumah dan gelisah bertemu tamu), kegelisahan neurotis (berwujud perasaan trauma dan penyiksaan diri), dan kegelisahan moral (ketakutan melanggar norma moral yang berlaku dalam masyarakat).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orang-Orang Kasar Penagih Hutang, Kegelisahan Batin, Psikologi Sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2012 08:27
Last Modified: 18 Jul 2012 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19212

Actions (login required)

View Item View Item